The Blog

Seorang guru diharapkan memiliki kompetensi professional yaitu salah satunya mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hal ini, maka dilaksanakanlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen program studi PG PAUD FKIP Universitas Bengkulu yang diketuai oleh Ibu Mona Ardina, S.Psi., M.Si, didampingi oleh Bapak Drs. HM. Nasirun, M.Pd., Ibu Dra. Sri Saparahayuningsih, M.Pd., dan Ibu Dra. Indrawati, M.Pd.

Kegiatan dengan judul Peningkatan Pemahaman Penelitian Tindakan Kelas Guru PAUD Al-Jundi Kota Bengkulu Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 30 Oktober 2021. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, 14 orang guru dan mahasiswa program studi PG PAUD diberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan didalam pembelajaran melalui ceramah yang kemudian diikuti dengan sesi tanya jawab. Guna mengetahui pemahaman dan meningkatkan keterampilan dari khalayak sasaran maka kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan penugasan (latihan) menyusun garis besar proposal dan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil kegiatan berupa pemahaman tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bagaimana penyusunan proposal PTK dan laporannya. Hasil kegiatan berupa proses, pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat berjalan sesuai rencana dan proses berjalan secara optimal, sedangkan hasil berupa garis besar proposal dan laporan PTK yang dibuat oleh guru, dikonsultasikan secara individu setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan.

Melalui kegiatan ini, harapannya memberikan manfaat bagi guru, seperti guru mampu membuat karya ilmiah yang dapat digunakan untuk keperluan kenaikan pangkat/golongan, untuk mengikuti lomba, dll. Selain itu, ketika guru telah terbiasa melakukan PTK secara mandiri untuk memecahkan persoalan pembelajarannya, maka akan layak bergelar guru professional.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat disaksikan pada link Youtube berikut:

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps