The Blog

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu dalam beberapa bulan ini membuat sebuah loncatan yang cukup membanggakan. Melalui Unit Penerbitan, Publikasi dan Data Informasi (UPPDI), saat ini telah memiliki Sentra Hak dan Kekayaan Intelektual (HKI), telah bergabung di Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI), dan telah bergabung di Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Tentu hal ini patut dibanggakan, karena di level Universitas Bengkulu, FKIP merupakan satu-satunya Fakultas yang memiliki Sentra HKI, tergabung di APPTI dan IKAPI.

Sentra HKI FKIP terbentuk berdasarkan SK Rektor Universitas Bengkulu Nomor 971/UN30.7/HK/2021 tentang Pembentukan Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Unit Penerbitan, Publikasi, dan Data Informasi FKIP Universitas Bengkulu dan tercatat di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Huku dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: HKI.5.HH.05.04-187. Bergabungnya UPPDI FKIP UNIB ke APPTI setelah terbitnya sertifikat tanda anggota APPTI nomor: 005.144.1.10.2021 tertanggal 01 Oktober 2021. Bergabungnya UPPDI FKIP UNIB menjadi anggota IKAPI ditandai terbitnya sertifikat tanda anggota IKAPI No. 009/Anggota Luar Biasa/BENGKULU/2021 tertanggal 1 November 2021.

Menurut Dr. Rendy Wiramawardana, M.Pd yang saat ini menjabat sebagai ketua UPPDI FKIP, “Keberadaan sentra HKI di FKIP tentu saja akan membantu dan memfasilitasi civitas akademika Universitas Bengkulu secara umum dan FKIP secara khusus untuk memperoleh layanan informasi tentang hasil penelitian dan pengembangan untuk dapat memperoleh perlindungan dalam bantuk HKI, serta dapat mendorong program penelitian dan pengembangan yang telah ada atau yang akan dilakukan agar mampu berorintasi pada HKI nya. Intinya membantu civitas akademika dalam proses perolehan HKI,” tutur Randy.

Lebih lanjut, bergabungnya FKIP UNIB melalui Unit Penerbitan dan Publikasi ke APPTI dan IKAPI tentu saja akan mampu menerbitkan buku dalam bentuk cetak dan digital agar lebih banyak mendapat poin sitasi yang tentunya akan membuat karya dari dosen dianggap lebih kredibilitas terlebih lagi jika buku atau publikasinya menjadi rujukan bagi banyak orang. APPTI dan IKAPI juga merupakan keanggotaan yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sehingga menjadi anggotanya akan menambah keyakinan dalam aspek legalitas penerbitan di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, menjadi anggota IKAPI dan APPTI tentu akan sering diajak untuk ikut dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan IKAPI dan APPTI yang tentu berskala nasional dan internasional sebagai upaya mewujudkan masyarakat gemar membaca, gemar menulis.

“Tentu ini merupakan kerja keras bersama, baik kepengurusan di UPPDI dan unsur pimpinan di FKIP sebagai awal untuk mewujudkan FKIP UNIB yang unggul. Patut disyukuri, semoga Universitas Bengkulu makin Berjaya kedepannya,” tutup Rendy.

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps