The Blog

Pelaksanaan Workshop Literasi Digital sebagai Sumber Referensi Ilmiah dan Mengajar bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah dilaksanakan selama 4 hari atau setara 32 jam dari tanggal 27 sampai dengan 30 September 2021 secara Virtual melalui Zoom Cloud Meeting. Workshop ini dilaksanakan atas dasar kerja sama antara  Program Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu dengan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kegiatan workshop menghadirkan tiga narasumber utama yang berasal dari FKIP Universitas Bengkulu, yaitu 1) Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd., 2) Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd., dan 3) Dr. Noermanzah, M.Pd. Workshop ini dihadiri oleh 70 peserta yaitu 40 guru bahasa Indonesia SMP atau yang sederajat dan 30 guru bahasa Indonesia SMA atau yang sederajat yang sebagian besar berasal dari Kabupaten Bengkulu Tengah dan ada juga ada beberapa Kabupaten/Kota di wilayah Bengkulu.

Pola pemberian workshop dilakukan dengan pemberian materi dan dilanjutkan dengan pendampingan dalam menerapkan keterampilan literasi digital yang dilaksanakan dari tanggal 27 sampai dengan 30 September 2021. Materi yang diberikan oleh ketiga narasumber sebagai berikut.

Materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd sebagai narasumber pertama yaitu Literasi Digital untuk Guru, Literasi Digital di Masa Pandemi Covid 19, Pemanfaatan Literasi Digital melalui Media Sosial, Literasi Digital Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah. Kemudian, Materi yang disampaikan oleh narasumber kedua oleh Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd. yaitu Literasi Digital dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa, Strategi Menulis Ilmiah dengan Mendeley, Membuat Materi Pelajaran yang Menarik dengan VideoScribe Sparkol, Membuat Tes dengan Menggunakan Google Form, Mengaplikasikan Zoom dalam Pembelajaran Diskusi Kelompok, dan Literasi Digital dalam Mencegah Hoaks. Materi berikutnya disampaikan oleh narasumber ketiga yaitu Dr. Noermanzah, M.Pd. tentang Literasi Digital dalam Meningkatkan Budaya Menulis Siswa, Strategi Menelusuri Sumber Referensi Ilmiah Berbasis Digital sebagai Sumber Belajar, Membuat Materi Pembelajaran Berbasis Animasi Video 3-D di Render Forest, Membuat Daftar Hadir Daring dengan Zohoo, Penggunaan Media Padlet dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, dan Membuat Media Pembelajaran menggunakan Camtasia.

Kegiatan Workshop Literasi Digital sebagai Sumber Referensi Ilmiah dan Mengajar bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah dibuka oleh ibu Atmi Painingsih, M.Pd. selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bengkulu Tengah. Beliau memiliki harapan yang besar kepada para guru bahasa Indonesia baik tingkat SMP maupun SMA memperoleh penguatan tentang literasi digital dan mampu menguasai aplikasi-aplikasi dalam membuat video pembelajaran sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang menarik dan berkesan pada siswa. Berikut dokumentasi pemberian sambutan sekaligus membuka kegiatan Workshop oleh ibu Atmi Painingsih, M.Pd. selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bengkulu Tengah. Berikut dokumetasi Sambutan dan Kegiatan Membuka Workshop oleh Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dokumentasi penyampaian materi oleh Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd. sebagai narasumber pertama tentang literasi digital bagi guru, sebagai berikut.

Dokumentasi pendampingan dan kegiatan tanya jawab oleh Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd. sebagai narasumber pertama dengan para peserta tentang literasi digital bagi guru, sebagai berikut.

Dokumentasi penyampaian materi oleh Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd. sebagai narasumber kedua tentang Literasi Digital dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa dan Penggunaan Mendeley sebagai berikut.

Dokumentasi pendampingan dan kegiatan tanya jawab oleh Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd. sebagai narasumber kedua dengan para peserta tentang Literasi Digital dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa dan penggunaan Mendeley, sebagai berikut.

Kemudian, bukti dokumentasi penyampaian materi salah satunya tentang Strategi Menelusuri Sumber Referensi Ilmiah Berbasis Digital sebagai Sumber Belajar serta Membuat Materi Pembelajaran Berbasis Animasi Video 3-D di Render Forest oleh narasumber ketiga yaitu Dr. Noermanzah, M.Pd.

Dokumentasi pendampingan dan kegiatan tanya jawab oleh Dr. Noermanzah, M.Pd. sebagai narasumber ketiga dengan para peserta tentang Strategi Menelusuri Sumber Referensi Ilmiah Berbasis Digital sebagai Sumber Belajar serta Membuat Materi Pembelajaran Berbasis Animasi Video 3-D di Render Forest, sebagai berikut.

Kegiatan Workshop Literasi Digital sebagai Sumber Referensi Ilmiah dan Mengajar bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah ditutup dengan pembagian sertifikat pada peserta terbaik dan diakhir dengan foto bersama antara narasumber dan seluruh peserta workshop. Berikut dokumentasi foto bersama pada kegiatan penutupan.

Dari hasil angket yang dijawab oleh 70 peserta workshop diperoleh informasi bahwa para peserta 86% menerima pemahaman materi tentang literasi digital dengan kriteria baik dan 82% peserta memahami dengan baik cara menggunakan aplikasi pembelajaran. Kemudian, saran yang disampaikan dalam angket sebagian besar berharap khususnya dalam menguasai penggunaan aplikasi perlu membutuhkan waktu pendampingan lagi dan membutuhkan video tutorial setiap aplikasi yang diberikan serta sebaiknya pelatihan dilakukan secara luring di tempat yang jaringannya stabil.

Kemudian, dari hasil analisis dokumen pembuatan aplikasi pembelajaran oleh para peserta mulai dari aplikasi Mendeley, Google Form, VideoScribe Sparkol, Render Forest, Zoho Forms, Media Padlet, dan Camtasia menunjukkan baru 35% peserta yang mampu membuat dengan baik, masih sekitar 65% peserta yang belum membuat aplikasi-aplikasi tersebut. Kendala utama yang dihadapi para peserta adalah jaringan dan aplikasi yang belum terinstal di laptop.

Bapak dan Ibu bisa melihat langsung kegiatan Workshop secara audio visual pada YouTube berikut https://www.youtube.com/watch?v=Qe0Aa9H_94c:

Noermanzah

Editor Web FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps