The Blog

Dalam rangka efesiensi, efektivitas dan transparansi hasil-hasil kerja Universitas Bengkulu setiap tahunnya dilakukan pengukuran kinerja dengan pendekatan/cara padang manajemen kinerja yang berorientasi pada proses/kegiatan menuju manajemen kinerja yang berotientasi hasil/kerja (output/outcome oriented). Untuk itu hal-hal yang berkaitan dengan hasil kerja seperti sasaran, program kerja, target, capaian dan indicator kinerja menjadi titik tolak manajemen yang dirumuskan bersama secara lebih jelas dan akurat. Pengukuran kinerja merupakan alat untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja. Pengukuran kinerja akan menunjukkan seberapa besar kinerja manajerial yang dicapai, seberapa bagus kinerja financial organisasi dan kinerja lainnya yang menjadi dasar penilaian akuntabilitas.

Dengan membandingkan antara realiasai dan rencana maka dapat diketahui jumlah persentase pencapaian masing-masing indicator kinerja utama. Dengan diketahui capaian kinerja, maka dapat dianalisis factor penyebab keberhasilan dan ketidakkeberhasilan yang selanjutnya dapat dipetakan kekurangan dan kelemahan realisasi dan rencana, kemudian ditetapkan strategi untuk perbaikan atau peningkatan kinerja di masa yang akan datang.

Dalam kurun 3 (tiga) waktu terakhir FKIP Unib telah banyak mencapai peningkatan capaian kinerja, pada setiap tahunnya FKIP mengadakan perjanjian kinerja yang terdiri dari sasaran program dan indicator kinerja. Capaian kinerja Peningkatan Relevansi, Produktifitas, Kualitas Penelitian, Pendidikan Akademik, Pengabdian Pada Masyarakat Dan Inovasi Yang Berdaya Saing Global. Selanjutnya FKIP Unib telah mencapai Peningkatan Efektifitas, Akuntabilitas, Tatakelola dan Kualitas, Kuantitas Sumber Daya Yang Ramah Lingkungan Berbasis Teknologi Informasi dan capaian. Peningkatan kuantitas dan Kualitas Kerjasama dan Efektifitas perencanaan. Dalam perjalannya proses capaian kinerja masih terdapat kendala maka dari itu FKIP mengadakan tindak lanjut untuk mengupayakan kendala agar tidak menjadi penghalang dalam capaian kinerja pada setiap tahunnya.

FKIP Unib selalu berusaha memperbaiki kualitas kinerja tidak hanya untuk mencapai capaian kinerja tetapi juga untuk menunjang kebutuhan stakholder agar FKIP dapat mencapai Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Capaian kinerja ini akan dievaluasi setahun 4 (empat) kali dalam pertemuan antar fakultas se Universitas laporan capaian kinerja di upload pada laman simonik.unib.ac.id pada rapat evaluasi akan terdapat point capaian target kinerja dan deskripsi capaian kinerja. Dengan diadakan evaluasi tersebut akan tampak capaian kinerja dan evaluasi sebagai bahan perbaikan kinerja kedepannya.

Selain itu FKIP Unib telah melaksanakan survey kepuasan pengguna terhadap pelayanan stakeholder yang meliputi Dekan, Wakil Dekan, hingga kepala Bagian di FKIP Unib. Hasil survey menunjukkan 73,5% pengguna, stakeholder telah memberikan pelayan yang sangat baik pada bidang akademik,kerjasama, dan kemahasiswaan. Pengguna menyatakan bahwa stakeholder telah dengan sangat baik melaksanakan seluruh kegiatan bidang kemahasiswaan dan lulusan; meningkatkan mutu pelayanan kemahasiswaan; memfasilitasi peningkatan prestasi akademik dan keprofesian mahasiswa; memfasilitasi peningkatan prestasi mahasiswa di ajang kompetisi nasional dan internasional; meningkatkan daya saing lulusan dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu, pengguna menyatakan bahwa pimpinan FKIP tealh merepresentasikan pola kepemimpinan yang akuntabel, adil, bertanggungjawab, transparan, dan jujur. Selanjutnya survey pada layanan mahasiswa Kepuasan Mahasiswa diukur menggunakan 68 butir angket dengan 5 skala yang merefleksikan tingkat kepuasan mahasiswa, mulai dari sangat tidak puas hingga sangat puas. Adapun aspek yang digunakan pada angket meliputi Layanan akademik oleh dosen, Layanan Perpustakaan, layanan laboratorium, layanan bimbingan konseling, layanan pengembangan karir, layanan sarana dan prasarana, dan pembiayaan. Pada hasil survey yang dilakukan terdapat peningkatan pada tahun 2018 4,16% sedangkan pada tahun 2019 4,31%.

Survey selanjutnya pada layanan kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap layanan pengelola dan pengembangan SDM uisioner kepuasan pengguna (dosen) terdiri dari 36 butir pernyataan, sedangkan kuisioner kepuasan pengguna (tenaga kependidikan) terdiri dari 31 butir pernyataan. Penyebaran angket ini dilakukan melalui link google form yang terdiri atas kuisoner kepuasan pengguna (dosen dan tenaga kependidikan) yang disebar melalui link: https://bit.ly/kuesionerkepuasanpenggunadosen/https://bit.ly/kuesionerkepuasanpenggunatenaga kependidikan/. Hasil penyebaran kuisioner kepuasan pengguna (dosen) terlebih dahulu di konversikan menjadi data kuantitatif dengan skoring menggunakan tabel skala lima. Sehingga diperoleh nilai rata-rata kepuasan pengguna (dosen) adalah sebesar 142,25 yang masuk dalam katagori “puas”.

Pada kepuasan pengguna dalam layana civitas akademik layanan keuangan, sarana, prasana pembelajaran hasil menunjukkan baik dari mahasiswa ataupun DTPS dan tendik menyatakan puas dengan layanan yang diberikan pada bidang layananan keuangan, sapras. Selanjutnya survey kepuasan pengguna dilanjutkan pada layanan dan pelaksanaan proses Pendidikan yang terbagi menjadi 5(lima) aspek secara umum tanggapan yang diberikan Baik dan Sangat Baik hal tersebut dapat dikatagorikan Puas dan Sangat puas terhadap layanan akademik, layanan keuangan dan layanan sarana prasaran pembelajaran.
Berikutnya pengukuran kepuasan pengguna pada layanan penelitian peneliti (responden) terhadap layanan dan pelaksanaan proses penelitian dilakukan menggunakan angket lima skala (Sangat Baik/SB), Baik/B, Kurang Baik/KB, Tidak baik/TB) yang disebarkan secara langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unib kepada para peneliti dan mitra, selanjutnya kepuasan pengguna pada layanan Pengabdian kepada Masyarakat Pengukuran kepuasan pelaksana (responden) terhadap layanan dan pelaksanaan proses PkM dilakukan menggunakan angket lima skala (Sangat Baik/SB), Baik/B, Kurang Baik/KB, Tidak baik/TB) yang disebarkan secara langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unib kepada para pelaksana pengabdian.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil survey kepuasan pengguna di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dikatakan rata-rata Baik dikatagorikan PUAS dan dapat diterima oleh stakeholder. Hasil capaian kinerja dan kepuasan pengguna ini menjadikan landasan para pemangku kebijakan untuk menjadikan bahan evaluasi kinerja dan mengambil kebijkan untuk kemajuan FKIP Unib sesuai dengan Visi Misi dan Tujuan yang telah ditetapkan.[citra]

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps