The Blog

MENJELANG hari ulang tahun atau dies natalis ke-39 UNIB, tanggal 24 April 2021, perguruan tinggi nomor satu di Provinsi Bengkulu ini kembali menambah lulusan sebanyak 823 orang. Penambahan lulusan ini dilakukan pada acara wisuda periode ke-93 yang dilakukan secara hybrid daring dan luring yang dipusatkan di gedung serba guna (GSG) UNIB, Senin (12/4/2021).

Prosesi wisuda secara daring atau online diikuti para wisudawan didampingi orang tua di kediaman masing-masing menggunakan aplikasi zoom metting dan disiarkan secara langsung melalui Live Streaming channel You Tube Universitas Bengkulu. Sedangkan secara luring atau tatap muka dilaksanakan secara terbatas di GSG UNIB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Acara wisuda dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc dan dihadiri Ketua Senat Universitas Ir. Nursril, MMA, serta para Wakil Rektor dan para Dekan selingkung UNIB kecuali Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yang mengikuti secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D pada wisuda kali ini melaporkan, sebagaimana tertuang dalam lampiran Keputusan Rektor UNIB Nomor : 1328/UN30/HK/2021 Tanggal 12 April 2021 Tentang Daftar Lulusan Program Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Vokasi Universitas Bengkulu pada Wisuda Periode Ke-93 Tahun 2021, jumlah wisudawan sebanyak 823 orang.

Rincian jumlah wisudawan per fakultas sebagai berikut : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 233 orang, Fakultas Hukum (FH) 62 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 101 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 122 orang, Fakultas Pertanian (FP) 153 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 63 orang, Fakultas Teknik (FT) 58 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 31 orang.

Berdasarkan jenjang pendidikan, 11 wisudawan Program Pascasarjana S3 (Doktor), 125 orang Program Pascasarana S2 (Magister), 11 orang Program Profesi, 649 orang Program Sarjana Regluer (S1), 25 orang Program Sarjana Non Reguler (S1), dan 2 orang program Vokasi/Diploma (D3).

Dengan penambahan jumlah lulusan ini, maka jumlah keseluruhan lulusan UNIB hingga April 2021 atau bertepatan dengan Ulang Tahun Ke-39 UNIB, sebanyak 61.378 orang. Terdiri dari 69 orang dari program Doktor, 8.616 orang dari program Magister, 42.016 orang Sarjana, 214 program profesi dan 10.463 orang dari program vokasi/diploma.

“Wisuda kali ini bertepatan dengan momentum bahagia dimana UNIB pada bulan April ini tengah merayakan ulang tahun yang ke-39. Kami ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan semoga ilmu yang didapat di UNIB dapat bermanfaat bagi kesuksesan di masa akan datang,” ujar Prof. Lizar Alfansi.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Lizar Alfansi mengumumkan Lulusan Terbaik dan Lulusan Termuda pada wisuda periode 93 UNIB. Daftar lulusan terbaik dengan predikat cumlaude dan lulusan termuda dapat dilihat pada tabel di bawah berita ini (lihat tabel).

Pelantikan para wisudawan ditandai dengan pemindahan kuncir toga dari kiri ke kanan secara simbolis terhadap perwakilan wisudawan yang dipimpin oleh Rektor Prof. Ridwan Nurazi. Prosesi ini juga dilakukan serentak oleh dekan selingkung UNIB terhadap perwakilan wisudawan dari masing-masing fakultas. Untuk wisudawan yang mengikuti secara daring, pemindahan kuncir dilakukan oleh orang tuanya.

Setelah melantik para wisudawan, Rektor UNIB menyampaikan orasi dengan tema yang selaras dengan tema Dies Natalis Ke-39 UNIB yaitu “Bersinergi dan Berinovasi, UNIB Unggul, Indonesia Maju.” Prof. Ridwan Nurazi menjelaskan bagaimana seharusnya Manusia Masa Depan, pentingnya Sinergisitas, pentingnya Inovasi dalam menghadapi disruption era, serta bagaimana penerapan dan sistem pendidikan dalam upaya mewujudkan Indonesia Maju seperti penerapan kebijakan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar.

Rektor mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan berterimakasih kepada seluruh orang tua dan masyarakat Bengkulu umumnya yang telah mempercayakan UNIB sebagai tempat pendidikan anak-anaknya. Rektor juga berpesan agar seluruh wisudawan dapat senantiasa menjaga nama baik almamater kapan pun dan dimana pun berada.

Ucapan selamat kepada para wisudawan dan UNIB yang tengah merayakan dies natalis juga datang dari Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah. Ucapan ini disampaikan melalui rekaman audio visual yang ditayakan via channel You Tube.

“Saya ucapankan selamat kepada UNIB yang terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati serta para orang tua yang telah berhasil meraih gelar akademik di perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Bengkulu ini. Manfaatkan ilmu yang didapat untuk meraih kesuksesan dan teruslah belajar seraya mengimplementasikan kemampuannya di tengah kehidupan masyarakat,” ucap Dr. Rohidin Mersyah.[Hms1].

LULUSAN TERBAIK PER JENJANG PER FAKULTAS WISUDA PERIODE KE-93

  1. Cici Adeliani , Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris (FKIP), IPK 3.93
  2. Yunita Antasari, Program S2 Pendidikan Bahasa Inggris (FKIP), IPK 3.95
  3. Iip Aripin, Program S3 Pendidikan (FKIP), IPK 3.79
  4. Assyifa Ramadani, S1 Hukum (FH), IPK 3.88
  5. Hari Murti Kridalaksana, Porgram S2 Kenotariatan (FH), IPK 3.91
  6. Deva Anugrah, Program D3 Jurnalistik (FISIP), IPK 3.71
  7. Latif Fauzan, Program S1 Sosiologi (FISIP), IPK 3.82
  8. Marlisna BR Saragih, Program S2 Ilmu Komunikasi (FISIP), IPK 3.94
  9. Finkan Dwinda Shakila, Progam S1 Manajemen (FEB), IPK 3.82
  10. Marsi Fella Rizki, Program S2 Akuntansi (FEB), IPK 3.84
  11. Dedy Wahyudi, Program S3 Ekonomi dan Bisnis (FEB), IPK 3.88
  12. Kusmea Dinata, Program S2 Agroekoteknologi (FAPERTA), IPK 3.83
  13. Ewa Aulia, Program S1 Proteksi Tanaman (FAPERTA), IPK 79
  14. Eka Zuida Satria, Program D3 Laboratorium Sains (FMIPA), IPK 98
  15. Try Leny Wahyuni, Program S1 Biologi (FMIPA), IPK 3.57
  16. Herlita Widiyanti, Program S2 Kimia (FMIPA), IPK 3.81
  17. Muhammad Rasyid Ridlo, Program  S1 Teknik Mesin (FT), IPK 3.89
  18. Miftahul Haniyah, Program S1 Kedokteran (FKIK), IPK 3.44
  19. Akbar Muhammad Ramadhan, Program Profesi Dokter (FKIK), IPK 3.54

LULUSAN TERMUDA WISUDA PERIODE KE-93

  1. Yuliani Purnamaraya Sormin, Program S1 Kehutanan (FAPERTA), IPK 3.08

Umur pada tanggal 12 April 2021, 20 Tahun 8 Bulan 26 Hari.

sumber : https://www.unib.ac.id/

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps