The Blog

Undang-undang No 20 Tahun 2003, Keputusan Rektor Unib Nomor 5113 Th 2016 tentang Payung Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Selanjutnya dalam Pasal 1 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi juga telah menyebutkan bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi, adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Bahwa untuk memenuhi dharma ketiga dalam pendidikan tinggi, setiap dosen wajib melaksanakan dharma kedua dan ketiga dari Tri Dharma tersebut adalah Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Dari peraturan yang telah baku tesebut maka Prodi Pendidikan Nonformal Fkip Universitas Bengkulu setiap tahunya melaksanakan Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM). Pada masa pandemi covid 19 ini prodi PNF melaksanakan kegiatan PKM tersebut dengan memanfaatkan virual akun seperti zoom meeting untuk tetap melaksakan kegiatan PKM, ditahun 2020 prodi PNF melaksakan PKM dengan tema Penguatan PKBM Prov. Bengkulu Perencanaan Pola Kemitraan Partisipatif Lembaga.

Kegiatan pelatihan telah dilaksanakan pada hari Jumat 20 November 2020. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) jam yaitu dimulai pukul 20.00 s.d. 11.00 Wib. Peserta dalam kegiatan ini adalah para pengelola PKBM Se Prov Bengkulu. Pertemuan antara pengabdi (dosen) dengan para pengelola PKBM se Prov Bengkulu. Program pengabdian dengan tema perencaaan pola kemitraan partispatif Lembaga berjalan dengan baik, walupun melalui virtrual. Para pengabdi memberikan materi sesuai dengan isu saat ini salah satunya bagaiaman para pengelola tetep eksis dimasa pandemic dengan menjalin kemitraan dengan para akademisi, isi materi yang disampaikan oleh pengabdi seperti bagaimana wawasan Pendidikan di era pendemi, isu terkait PKBM di era abad 21 yang semakin tidak asing ditelinga masyarakat. Selama pemberian materi pengabdi dan para pengelola PKBM saling memberikan pengalaman dan sharing keadaan PKBM saat ini. Saat kegiatan para pengabdi dan pengelola saling memberikan penguatan dan memberikan sambungan relasi untuk feedback hasil dari pengandian, Adapun hal yang disepakati adalah dengan menjalin mitra antara PKBM dan instnasi Prodi PNF FKIP Unib. Hal-hal yang mendukung berjalannya pengabdian ini dapat diidentifikasi seperti kehadiran para pengeloa PKBM yang mewakli beberapa PKBM se Prov Bengkulu, antusias para pengelo untuk saling sharing pengalaman dan hal-hal yang didapatkan selama menjadi pengelola PKBM.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps