The Blog

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Penerapan IPTEKS dimulai pada 6 Oktober s.d. 3 November 2020  melalui Zoom Cloud Meeting. Pengabdian yang dilaksanakan berjudul Webinar dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Bengkulu. Narasumber dalam kegiatan pengabdian ini yaitu:

  1. Dr. Rokhmat Basuki, M.Hum. (FKIP, Universitas Bengkulu)
  2. Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd. (FKIP, Universitas Bengkulu)
  3. Dr. Noermanzah, M.Pd. (FKIP, Universitas Bengkulu)

Kegiatan pengabdian ini merupakan kerja sama Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dengan MGMP Bahasa Indonesia SMA/MA Kota Bengkulu. Dalam sambutannya ibu Dessi Yulistiani, M.Pd. selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bengkulu mengucapkan terima kasih kepada Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang telah memfasilitasi kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh para guru terutama dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah dan sebagai alternatif syarat kenaikan pangkat para guru.

Foto Ibu Dessi Yulistiani, M.Pd. selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bengkulu

Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh ibu Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd. selaku Koordinator Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu. Ibu Koordinator berpesan agar kegiatan pengabdian ini bisa dilaksanakan dengan baik oleh para guru dan harapannya para guru dapat mempublikasikan hasil penelitiannya di sekolah pada jurnal nasional terakreditasi sebagai salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. Kegiatan pengabdian ini kurang lebih diikuti oleh 40 guru bahasa Indonesia tingkat SMA/MA se-Kota Bengkulu.

Foto Ibu Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd. selaku Koordinator Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

Pada kesempatan pengabdian ini, para narasumber di hari pertama, yaitu 6 Oktober 2020 memberikan materi dan praktik langsung dalam menyusun artikel dan proses mengirimkan artikelnya pada jurnal nasional terakreditasi.  Berikut rangakaian presentasi dan pendampingan  yang disampaikan oleh ketiga narasumber dalam kegiatan pengabdian ini.

Presntasi dan tanya jawab pertama disampaikan oleh Dr. Rokhmat Basuki, M.Hum.  tentang 1) Hakikat dan Sistematika Artikel Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi; 2) Perbedaan Jurnal Nasional, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta, Jurnal Internasional, dan Jurnal Internasional Bereputasi; 3) Cara Pengutipan Artikel Jurnal Ilmiah; 4) Menghindari Plagiarisme dalam Menulis Artikel Jurnal Ilmiah; dan 5) Kiat Diterimanya Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Nasional Terakreditasi.

Foto Presentasi oleh Dr. Rokhmat Basuki, M.Hum.

Presentasi dan tanya jawab kedua disampaikan oleh Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd.  tentang: 1) Penulisan Judul Artikel Jurnal Ilmiah yang Menarik; 2) Penulisan Pendahuluan Artikel Jurnal Ilmiah yang Mengandung Novelty; 3) Penulisan Metode Penelitian Artikel Jurnal Ilmiah; 4) Penulisan Hasil Penelitian dan Pembahasan Artikel Jurnal Ilmiah; dan 5) Penulisan Simpulan dan Saran Artikel Jurnal Ilmiah.

Foto Presentasi oleh Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd.

Kemudian, presentasi, tanya jawab, dan praktik publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi dismapaikan oleh Noermanzah, M.Pd. Materi yang disampaikan tentang: 1) Publikasi Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Berbasis Open Journal Systems (OJS); 2) Cara Menggunakan Program Plagiasi Ithenticate dan Plagiarism Checker; 3) Penggunaan Sistem Citation dan Reference Manager dalam Membuat Daftar Pustaka menggunakan Mendeley; dan 4) Praktik Pengiriman Artikel ke Jurnal Nasional Terakreditasi.

Foto Presentasi dan Pendampingan oleh Dr. Noermanzah, M.Pd.

Kegiatan pengabdian berikutnya yaitu pada tanggal 7 s.d. 9 Oktober 2020 dilanjutkan dengan Pendampingan secara daring menggunakan Zoom Cloud Meeting dan WhatsApp. Para peserta dalam kegiatan pendampingan juga sangat antusias ketika membuat artikel yang disesuaikan dengan aturan penulis jurnal yang akan dituju dan antusias dalam mengirimkan artikel ke jurnal nasional terakreditasi.

Hasil dari kegiatan pengabdian ini, menunjukkan bahwa para guru seluruhnya sudah bisa menyusun artikel hasil penelitian sesuai aturan penulisan artikel pada jurnal nasional terakreditasi yang dituju, 90 % sudah bisa register di jurnal nasional terakreditasi, dan sudah hampir 20% melakukan kegiatan submit ke jurnal nasional terakreditasi. Harapan ke depan akan terus dilanjutkan pendampingan secara langsung atau tatap muka kepada para guru bahasa Indonesia sehingga 100% para guru bisa publikasi di jurnal nasional terakreditasi.

Video rangkaian kegiatan Webinar dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Bengkulu bisa dilihat pada tautan berikut: https://youtu.be/n8SPI5vnCzw. Bisa juga langsung melihat tayangannya pada video berikut:

Berikut beberapa dokumentasi foto bersama antara narasumber dan  peserta Webinar dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Bengkulu:

Noermanzah

Editor Web FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps