The Blog

Prodi S2 Pendidikan IPA melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) di kabupaten KAUR provinsi Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 september 2020 bertempat di gedung MKKS kabupaten Kaur dengan peserta guru IPA yang tergabung dalam MGMP Kabupaten KAUR. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 40 orang guru IPA dengan menerapkan protokol dan prosedur keamanan COVID-19 yang ketat. Kegiatan dibuka oleh perwakilan dinas pendidikan kabupaten KAUR dalam hal ini diwakili oleh bapak Argunawansyah, S.Pd.

Kegiatan Abdimas mempresentasikan dua judul besar yakni Optimalisasi peralatan Laboratorium IPA dan Pembuatan sabun cair berbahan dasar herbal lokal untuk mengembangkan keterampilan dan sikap konservasi guru IPA. Berdasarkan kedua judul besar tersebut terdapat kata Konservasi yang menjadi motto prodi S2 Pendidikan IPA yakni Natural Conservation Education for a Better Life.

Penyampaian materi Optimalisasi peralatan laboratorium IPA disampaikan oleh Dr. Rendy Wikrama Wardana, M.Pd meliputi : Konservasi, eksplorasi jenis peralatan laboratorium IPA dan mekanisme dalam mengoptimalkan peralatan Laboratorium IPA di sekolah. Sementara itu, Materi pembuatan sabun cair disampaikan oleh Dr. M. Lutfi Firdaus, MT yang meliputi : pentingnya menjaga kebersihan selama covid-19, Potensi tanaman herbal lokal disekitar sekolah maupun rumah, dan mekanisme pembuatan sabun cair yang mudah dan sederhana.

Harapan dari kegiatan abdimas ini adalah guru IPA di kabupaten KAUR dapat mengoptimalisasi peralatan Laboratorium IPA dan potensi tanaman herbal lokal yang dapat dijadikan sumber nelajar dalam rangka pengembangan keterampilan dan sikap konservasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps