The Blog

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Penerapan IPTEKS yang berjudul “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Bengkulu” oleh dosen  Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu dilaksanakan secara daring dengan menggunakan  Zoom Meeting pada hari Rabu, tanggal 9 Oktober 2020 pukul 09.00 – 12.30 WIB. Dosen yang menjadi pembicara dan pelaksana dalam Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Bengkulu, yaitu: 1) Prof. Safnil Arsyad, M.A., Ph.D.; 2) Dr. Dedi Sofyan, M.Hum.; dan 3) Dr. Ira Maisarah, M.Pd.

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Penerapan IPTEKS “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Bengkulu” ini bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kota Bengkulu tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Ada 46 orang guru Bahasa Inggris yang menjadi peserta di dalam kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional ini. Peserta kegiatan tidak hanya berasal dari sekolah negeri dan swasta yang ada di Kota Bengkulu, namun juga berasal dari luar Kota Bengkulu. Hal ini dikarenakan, antusiasme guru-guru Bahasa Inggris dalam mencari ilmu yang berhubungan dengan penulisan artikel jurnal nasional. Penulisan artikel merupakan salah satu hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap guru sebagai syarat untuk pengajuan naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi. Persyaratan ini berlaku untuk setiap guru, baik yang mengajar di Kota Bengkulu dan luar Kota Bengkulu.

Ada dua materi utama yang disajikan di dalam kegiatan pelatihan ini. Pertama, materi dengan judul “Cara Praktis Menulis Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Berbahasa Inggris” yang disajikan oleh Bapak Prof. Safnil Arsyad, M.A., Ph.D.

Dari materi ini, peserta pelatihan memahami bahwa ada beberapa Moves dan Steps yang membangun sebuah artikel jurnal. Move adalah satu atau lebih kalimat dalam satu bagian artikel (AIMRDC) dengan tujuan komunikatif yang sama. Step adalah satu atau lebih kalimat dalam satu Move dengan tujuan komunikatif yang sama sebagai pecahan dari sebuah Move. Setiap jurnal nasional dan internasional memiliki Moves dan Steps yang hampir sama.

Selain memahami Moves dan Steps, peserta pelatihan juga harus memahami perbedaan gaya retorika setiap jurnal yang akan menjadi target untuk publikasi. Gaya retorika yang baik cukup mempengaruhi peluang diterima (accepted) atau ditolak (rejected) sebuah tulisan yang dikirim ke jurnal tersebut. Dengan demikian, penulis harus terus melatih diri agar mampu membuat retorika yang terstruktur untuk setiap ide yang dikembangkan di dalam tulisannya.

Kedua, materi yang berjudul “Kriteria, Klasifikasi, dan Mutu Jurnal yang Baik serta Jurnal Predator” yang disajikan oleh Bapak Dr. Dedi Sofyan, M.Hum.

Pada materi kedua, dijelaskan berbagai jenis jurnal yang ada di level nasional dan internasional. Jurnal yang bagus adalah jurnal yang telah terindeks. Oleh karena itu, sebelum mempublikasikan artikel ilmiah yang dimiliki, sebaiknya penulis juga harus mengenal kriteria, klasifikasi, dan mutu Jurnal ilmiah sebagaimana yang tercantum jelas dalam buku “Pedoman Publikasi Ilmiah” terbitan Kemenristekdikti 2017. Beberapa peserta terlibat aktif di dalam pelatihan ini, baik secara langsung maupun chat sebagaimana yang terlihat pada gambar berikut ini:

Dari hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan artikel jurnal nasional untuk guru Bahasa Inggris di Kota Bengkulu ini diperoleh hasil bahwa kemampuan guru-guru Bahasa Inggris di Kota Bengkulu harus senantiasa diasah agar dapat menghasilkan artikel jurnal ilmiah yang berkualitas baik bertaraf nasional maupun internasional. Selain itu, juga harus ada kebiasaan baru dalam diri seorang guru, yaitu kebiasaan menulis. Dengan membiasakan diri untuk menulis, maka akan membuat guru Bahasa Inggris semakin mudah dalam mengembangkan ide-ide tulisannya.

Noermanzah

Editor Web FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps