The Blog

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu sukses menyelenggarakan workshop “How to Write Manuscript for Social Science, Natural Science and Research Grant “  secara daring dengan menghadirkan Prof. Dr. Syafnil Arsyad, Ph.D yang menyampaikan how to write manuscript for Social Science,  Abdul R. Singkan, Ph.D menyampaikan how to write manuscript for Natural Science, serta  M. Lutfi Firdaus, Ph.D menyampaikan how to write manuscript for Research Grant.

Workshop dilaksanakan pada tanggal 03 Oktober 2020 dimulai dari pkl 09.00 sampai pkl 13.00 WIB dihadiri oleh sekitar 70 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari Sabang sampai Merauke.

Prof Syafnil memperkenalkan istilah MOVE dan STEP sebagai tips praktis menulis jurnal internasional bereputasi. MOVE merupakan satu atau lebih kalimat dalam satu bagian artikel dengan tujuan komunikatif yang sama, sementara STEP merupakan satu atau lebih kalimat dalam satu MOVE dengan tujuan komunikatif yang sama sebagai pecaha dari sebuah MOVE . Selain itu Prof Syafnil juga mengkaji bagaimana MOVE dan STEP tersebut dilakukan untuk menganalisis setiap bagian dari artikel dimulai dari abstrak sampai kesimpulan.

Abdul R. Singkan, Ph.D lebih detail menjelaskan bagaimana editor melakukan seleksi artikel, point-point penting pada artikel natural sciences, serta tips “merebut hati reviewer”

M. Lutfi Firdaus, Ph.D dengan sangat detail menyampaikan Penulisan Proposal Penelitian Skema Kemenristek/BRIN untuk Dosen.

Workshop ini ditindaklanjuti dengan pendampingan penulisan artikel internasional oleh dosen-dosen terpilih dari Jurusan, seluruh peserta diminta mengirimkan draft artikel serta memilih mentor. Selanjutnya peserta melakukan submit ke jurnal yang bereputasi.

      

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps