The Blog

Program Studi S2 Pendidikan IPA sukses menyelenggarakan seminar web series yang bertemakan “Being a Science Teachher in Education 4.0 Era”. Pada seri ini menampilkan Dr. Bhakti Karyadi, M.Pd sebagai keynote speaker dengan mengangkat judul  Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan dan Kearifan Lokal Beroirentasi pada Kecakapan Abad 21. Dr Bhakti membuka wawasan semua peserta seminar web dalam rangka menggagas pembelajaran sains beroirentasi konservasi. Beberapa model pendidikan etnosains, etnomedicine, dan pendidikan mitigasi bencana disajikan sebagai best practise pembelajaran sains berorientasi konservasi. Nurturing effect dari pembelajaran sains berorientasi konservasi tersebut dijelaskan oleh Dr Bhakti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, kemampuan berkomunikasi dan kolaboratif, penguatan pendidikan karakter seperti yang disarankan pemerintah, serta literasi sains dan lingkungan. Peluang pengembangan pembelajaran sains berorientasi konservasi dalam bentuk digital yang sudah dilakukan oleh mahasiswa bimbingan Dr Bhakti dan juga merupakan payung penelitian dari Dr. Bhakti.

Pada kesempatan ini alumni Kiki Lucky Novalia M.Pd dan mahasiswa Reevi Haryanto, S.Pd turut menyampaikan hasil penelitian mereka di bawah bimbingan Dr. Bhakti. Masing-masing dari mereka menyampaikan tentang Integrasi Mitigasi Bencana Banjir dalam Materi Fluida dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan HOTs Siswa dan Pemanfaatan Area Konservasi Puspa Langka Kabupaten Kepahiang sebagai Sumber Belajar IPA bagi Siswa SMP.

Seminar web ini dihadiri oleh lebih dari 120 peserta yang terdiri dari Dosen, Guru, Mahasiswa S1 dan S2 yang tergabung dalam zoom meeting. Semua peserta antusias menyimak pemaparan seluruh pemateri dan antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Diantara pertanyaan yang diajukan adalah “Bagaimana mengimplementasikan pembelajaran STEM di masa pandemi ini?” diskusi menarik juga sharing pengalaman melakukan pembelajaran sains terjadi antara pemateri dan peserta. Harapan seluruh peserta, semoga kegiatan semacam ini dengan menyajikan best practise pembelajaran sains berorientasi konservasi banyak diselenggarakan. Sukses selalu untuk Program Studi S2 Pendidikan IPA

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps