The Blog

Jurusan pendidikan MIPA FKIP UNIB telah meraih penghargaan bergengsi sepanjang tahun 2020. Penghargaan ini berupa dua hibah pembelajaran dari Kemdikbud, 1 finalis mahasiswa berprestasi nasional, 1 hibah Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (HP2D),  dan 1 hibah Program Kegiatan Bisnis dan Manajemen (PKBM).

Dua hibah pembelajaran dari kemdikbud berupa hibah inovasi pembelajaran dan hibah penyusunan kurikulum kampus merdeka-merdeka belajar (KMMB) kepada Prodi Pendidikan Biologi. Prodi Pendidikan Biologi yang terakreditasi A sejak tahun 2018, merupakan satu-satunya wakil dari UNIB dalam 40 prodi se-Indonesia penerima hibah ini. Sedangkan hibah KMMB diperoleh Prodi Pendidikan Biologi bersama-sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Agroekoteknologi, Ilmu Tanah, dan Manajemen. Dewi Jumiarni, M.Si sebagai kordinator Prodi menyampaikan bahwa hibah KMMB akan digunakan untuk penyusunan kurikulum Pendidikan Biologi yang berorientasi pendidikan lingkungan dan etnobiologi. Sedangkan hibah inovasi pembelajaran akan digunakan untuk pengembangan pembelajaran mata kuliah Ilmu Lingkungan.

Prestasi finalis mahasiswa berprestasi ditorehkan oleh Saprida Yani Harahap dari Prodi Pendidikan Matematika. Mahasiswi angkatan 2017 kelahiran Curup (Rejang Lebong) ini menjadi finalis mahasiswa berprestasi se-Indonesia bersama dengan 21 mahasiswa dari perguruan tinggi lain se-Indonesia. Babak final pemilihan mahasiswa ini akan diselenggarakan pada tanggal 10-12 September 2020, dan Saprida masih berpeluang untuk melangkah lebih jauh menjadi juara. Saprida sendiri melaju ke tingkat nasional setelah menyisihkan mahasiswa sesama UNIB, melewati tahap satu ujian CBT nasional, dan tahap dua berupa gagasan kreatif.

Prestasi berikutnya adalah hibah Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (HP2D) tahun 2020 yang diperoleh oleh Dwiani Ratna Sari dan tim dari Prodi Pendidikan Kimia. Dwiani dan tim memperoleh hibah bernilai 25 juta ini dengan ide pengentasan kemiskinan berjudul “POPS (Pupuk Organik Pelepah Sawit) Sebagai Upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Ekononomi Masyarakat Desa Arga Indah II Kabupaten Bengkulu Tengah”. Dwiani dan tim merupakan satu dari dua tim di UNIB yang memperoleh hibah HP2D ini.

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Kegiatan PHP2D ini bertujuan untuk memberi kesempatan mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangun, melalui program pengabdian kepada masyarakat, yaitu membantu mengatasi permasalahan di desa dengan berbagai aspek melalui upaya peningkayan kesadaran/sikap, wawasan/pengetahuan dan keterampilan, menerapkan konsep pembinaan dan pemberdayaan masyarakat melalui inovasi teknologi yang dilaksanakan dalam tim kerja yang bersifat multidisipliner dan kolaboratif, membangun kemitraan dengan stakeholder terkait dalam mewujudkan program, menjadikan lokasi PHP2D sebagai desa binaan kampus yang berkelanjutan, dan menjadi sarana rekomendasi kepada perguruan tunggi untuk kegiatan PHP2D dikonversi sebagai mata kuliah. Ruang lingkup kegiatan PHP2D ialah pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, ketahan dan keamanan pangan, energi baru dan terbarukan, lingkungan dan keanekaragaman hayati, mitigasi bencana, budaya dan seni, industri kreatif, pariwisata, dan manufaktur. Adapun tahapan pelaksanaan PHP2D, yaitu sebagai berikut :

  1. Penawaran proposal oleh kementerian kepada perguruan tinggi.
  2. Pengajuan proposal
  3. Proposal, pada tahap ini dilalukan beberapa substrat kegiatan yaitu seleksi (administrasi dan substansi), pengumuman proposal yang didanai, dan penandatanganan kontrak.
  4. Penyaluran bantuan, penyaluran ini dilakukan dua tahap yaitu tahap I sebesar 90% dan bantuan tahap II yaitu 10%.
  5. Pelaksanaan
  6. Visitasi dan evaluasi
  7. Pelaporan akhir penerimaan PHP2D
  8. Pemutahiran data/pelaporan tindak lanjut penerimaan PHP2D

Semua tahapan ini dilakukan sejak bulan juni 2020 sampai januari 2021.

Pada tahap awal setiap kelompok mengirimkan proposal http://php2d.kemdikbud.go.id// setelah itu proposal yang berhasil diupload di seleksi oleh tim penilai dan proposal yang terbaiklah akan didanai oleh Kemendikbud. Kelompok PHP2D Himpunan Mahasiwa Pendidikan Kimia (HIMAMIA) yang diketuai Dwiani Ratna Sari berhasil didanai oleh Kementerian Pendidikandan Kebudayaaan sebesar 25 juta rupiah. kelompok tersebut memilih ruang lingkup pengentasan kemiskinan dengan judul proposal yang diajukan “POPS (Pupuk Organik Pelepah Sawit) Sebagai Upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Ekononomi Masyarakat Desa Arga Indah II Kabupaten Bengkulu Tengah”. Proposal ini dilatar belakangi dengan luasnya area perkebunan kelapa sawit di Desa Arga Indah II, Bengkulu Tengah. Luas area perkebunan sawit tersebut sebesar 300 hektar dan lokasinya sangat dekat dengan permukiman warga bahkan banyak perkebunan yang letaknya disamping rumah warga. Perkebunan kelapa sawit yang luas tentunya berdampak pada peningkatan limbah pelepah sawit di sekitar perkebunan. Padahal pelepah sawit memiliki banyak kandungan unsur hara didalamnya seperti: 2,6-2,9% N; 0,16-0,19% P; 1,1-1,3% K; 0,5-0,7% Ca; 0,3-0,45% Mg; 0,25-0,40% S; 0,5-0,7% Cl; 15-25 ??/? B; 5-8 ??/? Cu; dan 12-18 ??/? Zn. Adanya kandungan tersebut maka pelepah sawit dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang unggul. Pupuk organik ini ramah lingkungan dikarenakan tidak merusak tanah dan tidak mengganggu keseimbangan hara baik jangka pendek maupun jangka panjang, hal ini berbeda dengan pupuk anorganik yang penggunaanya dalam jangka waktu lama dapat merusak struktur tanah dan mengganggu keseimbangan hara. Dengan begitu, pupuk organik ini mampu mengurangi beban petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk bagi tanamannya, seperti tanaman sawit, karet, sayur-sayuran, jagung, jeruk, dan lain-lain. Selain itu, pupuk organik ini juga dapat menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakatnya apabila diproduksi dalam skala besar. Hal ini tentunya akan mendukung terjadinya peningkatan ekonomi masyarakat Desa Arga Indah II.

Program ini dilaksanakan dari Bulan Agustus – November 2020 terdiri dari beberapa kegiatan yaitu sosialisasi  dan penyuluhan berlokasi di Gedung Seba Guna Kantor Kepala Desa Arga Indah II (20 Agustus 2020), tahap pembuatan POPS (Pupuk Organik Pelepah sawit) berlokasi di Lapangan Kantor Kepala Desa Arga Indah II (29 Agustus- 1 September 2020), tahap pengecekan dilakukan setiap minggu (8 September- 29 September 2020), Tahap Pengemasan, pemasaran dan pengaplikasian (3 Oktober 2020), Tahap Pengawasan ( 18  Oktober- 25 Oktober 2020) dan Evaluasi (1 November 2020). Diharapkan dengan adanya program ini masyarakat desa dapat meningkat dari segi kemampuan, ekonomi, kesejahteraan hingga menjadi sentra pembuat pupuk organik pelepah sawit.

Jurusan PMIPA sendiri sudah memberi piagam dan insentif kepada para mahasiswa berprestasi tersebut pada hari Kamis tanggal 2 September 2020 dengan dipimpin oleh Sekretaris Jurusan, Dr. Abdul Rahman, M.Si bersama-sama dengan dosen JPMIPA lainnya. Alumni Universitas Nottingham, UK ini berharap semoga Saprida dapat melangkah lebih jauh di acara pemilihan mahasiswa berprestasi, dan perwakilan HP2D, PKM dan PKBM dari JPMIPA dapat menembus hingga ke Pekan Ilmiah Nasional (PimNas). Ketua Jurusan, Dr. M. Lutfi Firdaus, MT pada kesempatan terpisah menyampaikan sangat bangga dengan prestasi yang diraih JPMIPA. “Piagam dan insentif ini mungkin tidak terlalu bernilai, namun kami ingin menunjukkan bahwa pimpinan menghargai setiap usaha dan prestasi yang ditorehkan oleh keluarga JPMIPA”, ucap doktor lulusan Universitas Kyoto ini

Penyerahan Piagam dan insentif bagi Saprida Yani Harahap, Finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional, oleh Teddy A Siagian, Dosen Pendidikan Matematika.

Penyerahan Piagam dan insentif bagi Dwiani Ratna Sari, Pemenang Hibah Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan desa, oleh Sekretaris Jurusan PMIPA

Dosen dan Mahasiswa berprestasi JPMIPA berfoto bersama

 

JAYA SELALU FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps