The Blog

Jurusan pendidikan MIPA FKIP UNIB telah meraih penghargaan bergengsi. Prestasi yang diraih JPMIPA FKIP dalam 2020 ini adalah meloloskan 8 tim menjadi penerima hibah Program Kreativitas Mahasiwa (PKM) dan 1 tim penerima hibah Program Kegiatan Bisnis dan Manajemen (PKBM). Delapan tim pemenang hibah PKM ini didominasi oleh Prodi Pendidikan Kimia dengan 6 tim, dan masing-masing satu tim dari Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA. Satu pemenang hibah PKBM diraih oleh Epran dan kawan-kawan dari Prodi Pendidikan Matematika.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas.

Secara garis besar PKM ini terbagi menjadi 5 Bidang, diantaranya:
1. PKM-PE (Penelitian Eksakta)
2 PKM-KC (Karsa Cipta)
3. PKM-T (Teknologi)
4. PKM-K (Kewirausahaan)
5. PKM-M (Pengabdian Masyarakat)

Dan Alhamdulillah pada tahun ini dari Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Bengkulu berhasil lolos pendanaan proposal PKM 5 bidang sebanyak 8 tim. Yang terdiri dari 3 proposal PKM-K, 3 proposal PKM-PE, 1 proposal PKM-T dan 1 proposal PKM-M.

Pada pelaksanaan PKM tahun 2020 ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena dampak dari wabah Covid-19 yang telah menjadi pandemi di seluruh negara di dunia ini.
Pada tahun sebelumnya hasil karya atau luaran dari PKM ini berupa produk, teknologi, alat dll secara fisik yang bertujuan untuk menunjukkan hasil karya yang telah dibuat oleh setiap tim PKM. Akan tetapi pada tahun ini agak sedikit berbeda, luaran atau produk dari proposal semua bidang PKM yang telah di danai hanya berupa konsep/rancangan berbasis digital saja.

Tentu hal ini juga berpengaruh pada jumlah dana yang diberikan pada setiap proposal, pada tahun sebelumnya jumlah biaya pendanaan bisa mencapai 12,5 juta.
Sedangkan, pada tahun ini setiap proposal hanya dibiayai maksimal 5 juta saja, dengan pembagian dana sebesar 1,5 juta untuk kuota internet bagi setiap anggota tim PKM selama 3 bulan, 3 juta pembuatan luaran (video) kegiatan PKM dan 0,5 juta untuk penyimpanan memori kegiatan PKM. Dan dalam hal ini, semua tahapan kegiatan PKM dilakukan secara online.

Terkait dari beberapa hal di atas. Untuk bisa mencapai ke ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) tentu saja harus melewati beberapa proses terlebih dahulu. Diantaranya sebagai berikut:
1. Melalukan pembuatan proposal PKM
2. Mengajukan proposal PKM kepada pihak Kemendikbud
3. Pengumuman pendanaan proposal (jika proposal kita berhasil didanai, maka kita bisa lanjut ke tahapan berikutnya)
4. Pelaksanaan kegiatan PKM itu sendiri sesuai dengan isi proposal yang telah di buat
5. Pencairan dana Proposal PKM (90%), Untuk mencairkan sisa dana yang telah diberikan maka kita harus mengupload laporan akhir PKM
6. Pembuatan laporan kemajuan kegiatan PKM (Penjelasan proses kemajuan yang telah di capai dari kegiatan yg telah
Dilakukan sekaligus pelaporan penggunaan dana)
7. Monitoring dan evaluasi PKM (Monev)
8. Dipilih Tim Terbaik untuk mewakili kampus dan siap bertarung di ajang PIMNAS

Berikut Tahapan Programnya :

Penyerahan Piagam dan insentif bagi tim PKM

Harapannya, semoga tim PKM dari Universitas Bengkulu terkhusus Tim dari FKIP Universitas Bengkulu bisa memberikan yang terbaik dan bisa berjuang semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama Universitas Bengkulu di kancah Nasional. Dan semoga kita bisa meraih medali Emas pada ajang PIMNAS tahun 2020 ini… Aamiin ya Allah

 

 

JAYA SELALU FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN 

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps