The Blog

Bengkulu-24 Juli 2020 salah satu mahasiswa angkatan III atas nama Ibu Reni Kuamiarti berkat semangat bimbingannya kepada promotor dan kopromotor terus aktif alhamdulillah bisa ujian seminar proposal disertasi, Ibu Reni Kusmiarti mahasiswa berasal dari Kota Bengkulu beliau adalah salah satu dosen di Universitas Muhamadyah Bengkulu , bliau juga di berikepercayaan sebagai Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Humas dan Protokoler. di lihat dari cara beliau menjawab pertanyaan dari dewan penguji juga tidak meragukan. Salah satu kehormatan untuk Dewan Penguji pada hari ini Prof. Dr. Wachidi, M. Pd. sebagai ketua penguji, Prof. Dr. Johanes sapri M. Pd. sebagai promotor, Dr. Ria Aresta, M. Pd. sebagai Kopromotor I, Dr. Suhartono, M. Pd. sebagai Kopromotor II, dan sebagai penguji ahli yaitu Dr. Riyanto, M.Pd.

Alhamdulillah selesai dengan lancar tanpa ada hambatan, Ibu Reni Kusmiarti sudah mencatat semua masukan-masukan dari dewan penguji pada ujian seminar proposal disertasi ini dan berjanji akan memperbaiki sebagai mana sara dewan penguji, mudah-mudahan dengan terlaksananya ujian ini bisa melanjutkan ketahap ujian berikutnya.

Seetelah selesai ujian seminar proposal saya sempat menanyakan apa Motivasi dalam Pencapaian Cita-Cita Studi Lanjut ini buk Warek  beliau menjawab dalam kutipan rekaman saya:

Saya lulusan Program Studi Bahasa dan Satra Indonesia Universitas Bengkulu tahun 1990. Berkat beasiswa ikatan dinas dari Kemendikti, Tahun 1991 saya menjadi dosen PNS DPK  di Prodi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Sebagai seorang dosen melakukan studi lanjut merupakan tuntutan untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri. Tahun 2002 saya menyelesaikan jenjang magister  pada Prodi Pendidikan Bahasa di Universitas Negeri Padang, kemudian saya melanjutkan pengabdian saya sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Seiring berjalannya waktu, tuntutan sebagai seorang ibu, istri , kesibukan sebagai dosen, sebagai pengemban tugas yang diamanahkan kepada saya membuat studi lanjut doktoral bukan merupakan suatu prioritas, terlebih pada masa itu anak-anak juga sedang kuliah yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Pada era kompetitif seperti saat sekarang,  zaman terus berubah, tuntutan  kualitas sumber daya dosen terus bergulir, sehingga studi doktoral menurut saya suatu keharusan.

Pertengahan tahun 2018 saya mendaftarkan diri sebagai mahasiswa S3 jenjang doktoral pada Program Studi Doktor Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Sebagai mahasiswa S3 saya menghadapi tantangan yang amat berbeda dibanding dengan waktu menjadi mahasiswa S1 dan S2. Saya dituntut memiliki tanggung jawab lebih besar. Studi yang saya lakukan tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri, tapi harus berimplikasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang saya tekuni. Motivasi dan semangat diri yang tinggi, membuat saya bisa bertahan dalam menghadapi tantangan, rintangan, kelelahan, prustasi yang sering muncul dalam kurun waktu studi.

Sebagai seorang mahasiswa doktor dalam proses pencapaian cita-cita, saya berusaha untuk  mengelola kehidupan dengan baik,  harus bisa menjadi manajer yang baik bagi diri sendiri. Saya selalu berusaha keras, mefokuskan perhatian, memiliki waktu yang cukup. Saya berusaha mengelola keseimbangan dalam mengalokasikan waktu, perhatian dan pikiran agar nantinya tidak beresiko mengganggu studi saya. Saya berusaha memiliki mental yang kuat agar dapat mewujudkan ketahanan dalam menghadapi semua tantangan, menguatkan diri menghadapi kebingungan, ketidaksabaran, rasa terombang-ambing, kekhawatiran, stress, atau melemahnya motivasi. Bagi saya campur tangan Allah SWT  tidak bisa diabaikan, Dia adalah manifestasi tertinggi bagi pencapaian cita-cita. Dia adalah sebaik-baik penolong, Dia adalah segala-galanya. Tanpa Dia kita bukan apa-apa.

Doa terbaikku padamu ya Allah, semoga pada waktunya nanti bisa mengapai impianku, cita-citaku menjadi Doktor Pendidikan pada Program Doktor Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.. In Shaa Allah!

ini sangan luar biasa semangat buk Warek untuk menyelesaikan studinya mudah- mudahan bisa cepat selesai amiin

Editor: Wisdi

sumber : http://doktorpendidikan.fkip.unib.ac.id/

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps