The Blog

(Bengkulu, 22 Juli 2020) Kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran di SMPN 24 Kota Bengkulu telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2020 dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dengan peserta sebanyak 24 orang.  Kegiatan pelatihan ini menghadirkan dua orang pemateri, yaitu Muhammad Fadhli, M.Pd. dan Sufiyandi, M.Pd. yang sama-sama merupakan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Bengkulu. Adapun pemateri pertama, Muhammad Fadhli, M.Pd., menyampaikan materi tentang pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Kine-Master, dan pemateri kedua, Sufiyandi, M.Pd., menyampaikan materi tentang cara menggunakan Google Form dan Google Classroom.

Kegiatan ini diawali dengan mendengarkan kata sambutan dari Kepala SMPN 24 Kota Bengkulu, Ibu Sulastri, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa latar belakang dilaksanakannya kegitan pelatihan ini yaitu untuk mengoptimalkan kompetensi profesional dewan guru di SPMN 24 Kota Bengkulu di masa pandemi Covid-19 ini terutama dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada kedua pemateri dari UNIB yang telah berkenan untuk mengisi materi pada kegiatan tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan kata sambutan dari Pengawas Pembina SMPN 24 Kota Bengkulu, Bapak Zulmardin, M.Pd., yang sekaligus membuka kegiatan pelatihan secara resmi. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh SMPN 24 Kota Bengkulu untuk beradaptasi dengan kondisi proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini. Harapan beliau agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lebih optimal setelah dewan guru mendapatkan pegetahuan dan keterampilan mengenai pembuatan media pembelajaran melalui pelatihan ini.

Selanjutnya, pemateri pertama, Muhammad Fadhli, M.Pd. menyampaikan materi tentang cara membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi Kine-Master. Secara spesifik, beliau mempraktikkan langsung langkah-langkah untuk mengganti latar video, menambahkan audio, menambahkan gambar, menambahkan video baru, menambahkan text, menambahkan running text, dan menambahkan efek transisi. Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti materi tersebut karena peserta dapat mempraktikkan penggunaan fitur-fitur yang ada di aplikasi Kine-Master secara langsung dari gawai atau handphone peserta masing-masing untuk membuat video pembelajaran yang menarik.

Adapun pemateri kedua, Sufiyandi, M.Pd., menyampaikan materi tentang langkah-langkah pembuatan soal menggunakan Google Form dan cara menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran daring. Para peserta sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Google Form dan Google Classroom  karena kedua aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Para peserta yang merupakan dewan guru di SMPN 24 Kota Bengkulu langsung mempraktikkan cara merancang soal menggunakan Google Classroom serta mengintegrasikannya ke dalam Google Classroom. Selain itu, cara membuat kelas baru, menambahkan siswa, dan memberikan instruksi melalui Google Classroom juga telah dipraktikkan oleh para peserta pelatihan.

Secara umum, kegiatan pelatihan berjalan dengan sangat baik. Meskipun kegiatan pelatihan dilaksanakan secara tatap muka, protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini tetap dijalankan sesuai standar, seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Akhirnya, kegiatan pelatihan ini ditutup dengan sesi foto bersama dengan para pemateri, panitia, dan peserta.

Noermanzah

Editor Web FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps