The Blog

(Thailand, 19 Juli 2020) Dosen FKIP UNIB Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni menjadi narasumber dalam acara “International TESOL Research Congress and Demo –Teaching Festival 2020” yang diadakan oleh International Society of Teachers, Administrators, and Researchers (ISTAR) bekerja sama dengan International Allience of English Teaching, Asian Association for Acaemy Integrity, Asian Society of Teachers for Research, dan Philippine Association of Institutiions for Research pada tanggal 18 – 19 Juli 2020 melalui Zoom Meeting.

Dalam topiknya “Teachers and Learners Reflections on Education during Pandemic” , Sufiyandi memaparkan bahwa refleksi pengajaran berarti melihat kembali pada apa saja yang telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran yang telah berlalu – belajar dari pengalaman, melakukan telaah,dan evaluasi diri. Hal ini sangat diperlukan mengingat terjadinya suasana pembelajaran baru akibat dampak pandemi terhadap dunia global dalam hal ini pada bidang pendidikan sehingga sebagai seorang tenaga pengajar sangat diperlukan sebuah refleksi yang berhubungan dengan media pembelajaran, metode, interaksi, penilaian, dan aspek penting lainnya. Pertanyaan yang harus diutamakan untuk dijawab dalam melaksanakan proses pengajaran adalah seberapa efektif kegiatan pengajaran daring yang telah dilaksanakan dan bagaimana peningkatan efektifitas untuk ke depannya. Refleksi dapat dilakukan melalui catatan jurnal, observasi sejawat, hasil rekaman, atau melalui feedback dari peserta didik.

Festival TESOL Internasional tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai negara yaitu Indonesia, Thailand, Philipine, Vietnam, India, Neval, dan Pakistan. Sufiyandi adalah satu-satunya peserta yang berasal dari Indonesia. Semoga selalu sukses untuk semua dosen Universitas Bengkulu khusunya untuk FKIP.

Berikut jadwal acara “International TESOL Research Congress and Demo –Teaching Festival 2020”:

 

Noermanzah

Editor Web FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps