The Blog

PROGRAM Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB sukses menyelenggarakan seminar berskala internasional secara virtual, Kamis (18/6/2020).

Webinar ini menggunakan aplikasi Zoom dengan tema “Kiat-kiat Menulis Draft Artikel Jurnal International Bereputasi.” Kegiatan ini awalnya diinisiasi Dosen Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris yang juga Kepala UPT Bahasa UNIB, Dr. Wisma Yunita, M.Pd yang kemudian disambut baik dan disetujui oleh Koordinator Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIB, Prof. Safnil Arsyad, MA, Ph.D.

Pembicara seminar virtual ini antara lain, Prof. Setiono Sugiharto, M.A. (Kepala Program Studi Doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Unika Atma Jaya, Jakarta), Budi Waluyo, S.Pd, MA, Ph.D (Dosen Walailak University, Thailand), serta Prof. Safnil Arsyad, MA, Ph.D (Dosen Unib) yang di moderatori oleh Dr. Syafryadin, M.Pd. dan Azhar Aziz Lubis, M.Pd (Dosen Unib).

Kesuksesan webinar ini tampak dari banyaknya respon dan banyaknya peserta yang berparitispasi dari seluruh Indonesia. Karena banyaknya peserta yang ingin berpatisipasi, webinar ini dibantu dan difasilitasi oleh Zoom LPTIK Unib dengan kapasitas 100 orang.

Dari layar kaca yang disebarluaskan dan dikomunikasikan via aplikasi Zoom, Prof. Setiono Sugiharto menyampaikan materi tentang “Memahami Harapan Gate Keepers” Jurnal Akademik : Pengalaman dalam Menerbitkan Artikel di Jurnal Wiley dan Oxford”.

Menurut Prof. Setiono, ada beberapa poin yang ditekankan dalam penulisan Jurnal Bereputasi, antara lain, Artikel memiliki daya tarik (appeal) untuk pembaca, memiliki kemaknawian (significance), memiliki relevansi global, ditulis dengan fokus yang jelas dan argumentasi ditampilkan secara eksplisit, penggunaan terminologi perlu dijabarkan secara spesifik dan bernas, artikel ditulis dengan mengikuti konvensi akademik (scholarly), terstruktur dan menampilkan argumentasi yang persuasif dan meyakinkan, serta artikel ditulis dengan rujukan sumber pustaka yang updated.

Pemateri berikutnya, Budi Waluyo Ph.D, menyampaikan materi dengan judul “Writing A Research Manuscript – How to Start. Dia menjelaskan latar belakang mengapa harus menulis, bagaimana mengetahui standar dari jurnal ilmiah, serta kiat-kiat lainnya yang harus dilakukan agar Jurnal Ilmiah mampu menembus Jurnal Internasional Bereputasi.

“Pahami apa yang ingin kita tulis. Kemudian, mulailah terbiasa dengan membaca research articles dari berbagai bidang yang menarik. Bangun pengetahuan anda tentang materi yang ingin anda tulis dan mulailah dengan research design. Ini adalah bagian penting yang membantu anda menemukan jawaban dari pertanyaan anda,” papar Budi Waluyo.

Sementara Prof.  Safnil Arsyad menyampaikan materi dengan judul “Writing Research Articles for International Journals : A Move-Based Analysis Results.

“Tulis artikel penelitian yang argumentatif dan meyakinkan. Gunakan referensi terkait dan terbaru. Seperti referensi dari ERIC dan Library Genesis, serta jadilah kritis pada referensi yang dikutip,” ujarnya.

Prof. Safnil juga menjelaskan, ada tiga bagian yang harus argumentatif, yaitu abstrak, pengantar dan diskusi. “Tekankan kontribusi Anda pada pengetahuan umum (bagian Discussion). Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menemukan artikel penelitian terbaru di bidang anda dan follow up”, papar dosen Senior dan matan Dekan FKIP UNIB ini.

Dengan diadakan webinar ini diharapkan memberikan informasi tentang penulisan artikel jurnal dan kiat-kiat nya dalam menulis draft artikel jurnal international bereputasi. Selain dibekali materi, peserta juga mendapatkan sertifikat webinar yang akan dikirimkan melalui email paling lambat Jumat 26 Juni 2020. Bagi yang tidak sempat dan/atau tidak dapat bergabung, video rekaman webinar akan kami unggah pada Channel YouTube: Fakultas_KIP Universitas Bengkulu. [Hms1/Eve].

sumber : https://www.unib.ac.id

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps