The Blog

Kegiatan ujian aktualisasi diselenggarakan pada tanggal 22 April 2020 dengan jumlah peserta kurang lebih 120 peserta dari tiga angkatan dengan asing masing 4 kelompok untuk setiap angkatan. Ujian dimulai pada pukul 08.30 s.d 17.00 yang dilakuakan secara online mengingat kondisi saat ini yang sedang dilanda wabah covid 19.

Setiap peserta mempresentasikan kegiatan aktualisasi yang dilakukan selama kurang lebih 40 hari di institusi masing-masing kepada mentor, coach dan penguji. Materi ujian lebih difokuskan pada implementasi nilai-nilai dasar ANEKA pada setiap tahapan kegiatan aktualisasi. Kegiatan latsar banyak memberikan dampak positif bagi peserta dalam menanamkan 3 fungsi ASN sehingga menjadi ASN profesional di institusinya masing-masing.

Dr. Rendy pada saat Ujian Online

Salah satu peserta latsar dari FKIP yang melaksanakan ujian tersebut adalah Dr. Rendy Wikrama Wardana, M,Pd dan M. Panut Setiono, M.Pd. Kegiatan aktualisasi yang dilakukan oleh Dr. Rendy dilatarbelakangi oleh institusinya di prodi S2 pendidikan IPA akan melaksanakan akreditasi di tahun 2021. Program studi S2 pendidikan IPA merupakan salah satu program studi yang diharapkan menjadi program studi unggul di FKIP Universitas Bengkulu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui proses Akreditasi. Untuk mewujudkannya prodi S2 pendidikan IPA perlu mencari informasi terbaru mengenai instrumen penilaian dan mengumpulkan data-data pendukung pada setiap komponen pada standar akreditasi. Kondisi saat ini memperlihatkan bahwa pada dasarnya data-data pada setiap komponen standar itu ada, namun belum terdokumentasikan dengan baik terutama untuk data yang berbentuk hardfile. Selain itu, data-data tersebut belum terupdate, sehingga perlu diperiksa kembali dan disesuaikan dengan instrumen penilaian terbaru. Kumpulan data-data setiap komponen dikumpulkan dan dilaporkan menjadi suatu Lembar Kerja Program Studi (LKPS).  Melihat peluang permasalahan tersebut, Dr. Rendy mengangkat judul aktualisasi Optimalisasi penyusunan sistem informasi data LKPS S2 Pendidikan IPA FKIP Universitas Bengkulu”.

Lain halnya dengan Dr. Rendy, M. Panut Setiono, M.Pd mengangkat judul aktualisasi “Tersedianya Buku Panduan Praktik Lesson Study Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Mahasiswa Prodi Pgsd Fkip Universitas Bengkulu”. M. Panut Setiono, M.Pd menganggap bahwa pelayanan akademik di unit kerja Prodi PGSD FKIP Universitas Bengkulu tidak lepas dari adanya permasalahan/isu yang harus segera di atasi, agar kualitas dan mutu layanan pendidikan dapat ditingkat. Sebagai peserta Pendidikan dan Latihan Dasar Golongan III Calon Pegawai Negeri Sipil Dosen berkewajiban untuk mengatasi hal tersebut sebagai bentuk implementasi tugas pokok dan fungsi Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan pelayanan publik yang unggul, inovatif dan kreatif. Kegiatan Aktualisasinya dilaksanakan dilaksanakan mencakup 6 kegiatan, yaitu: (1) melakukan studi pendahuluan; (2) melakukan analisis pembelajaran; (3) mengembangkan produk awal Buku Panduan Praktik Lesson Study berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill); (4) uji coba produk; (5) penyusunan produk akhir; dan (6) mendeseminasikan produk.

Setiap kegiatan memuat nilai-nilai dasar ASN yang dikenal dengan singkatan ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi). Jika dalam pelaksanaan kegiatan aktualisasi tidak menerapkan nilai-nilai ANEKA, maka tidak akan terwujud pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan calon guru Sekolah Dasar kelas ASEAN yang berkarakter Tahun 2030.

M. Panut Setiono, M.Pd pada saat mengikuti Kegiatan Latsar

Agar tercapainya tujuan Negara Kesatua Republik Indonesia hendaknya nilai-nilai dasar dalam ANEKA tidak hanya ditujukan pada CPNS tetapi juga disosialisasikan kepada seluruh ASN yang ada. Selanjutnya, perlu dilakukan evaluasi secara periodik dan berkesinambungan terkait dengan pencapaian aktualisasi nilai-nilai dasar ANEKA dalam pelayanan publik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps