The Blog

Workshop bertema “Connecting People to Herpetofauna: Introducing and Designing Future Herpetofauna Research” yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu selama 2 hari (23 – 20/01/2020) dilaksanakan sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat agar memiliki perhatian pada herpetofauna.

Sebagai Ketua Pelaksana adalah Dr. Aceng Ruyani, MS (Dosen Magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Bengkulu). Beliau sudah lama berkiprah di bidang herpetologi. Acara dibuka oleh wakil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNIB Dr.Hery Suhartoyo,  M.Sc dan dihadiri oleh Ketua Kerja Sama dan Layanan Internasional (UPT KSLI) Yansen, Ph.D. Workshop dihadiri oleh 30 orang peserta yang diseleksi dari 39 pendaftar.

Kegitan workshop diselenggarakan tanpa pemungutan biaya (free) untuk para peserta yang merupakan generasi muda Bengkulu. Mereka berlatar belakang mahasiswa,dosen, pelaku konservasi, serta pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) yang memiliki minat dan ketertarikan akan herpetofauna. Melalui workshop itu, para peserta diharapkan terasah pemahamannya dalam mengkaji dan melakukan riset terkait herpetofauna, termasuk mengenal riset terkait molekuler dan filogeni.

Pada kegiatan ini, peserta  dipandu instruktur berpengalaman, yakni ahli herpetofauna yaitu Dr.rer.nat. Umilaela Arifin dari Universitat Hamburg Germany (https://www.youtube.com/watch?v=U1A_jkURRM) yang risetnya fokus pada katak dengan penemuan spesies dan genus baru untuk katak Sumatera, serta  peneliti dalam bidang konservasi yaitu Dr. Patricia G Patrick dari Columbus State University yang saat ini melakukan riset di Indonesia melalui Fulbrigt (https://www.aminef.or.id/us-fulbrightscholar-shares-knowledge-reptiles-amphibiansresearch/).

Selama workshop, peserta dipandu merancang penelitian dengan metodologi standar tentang survei dan  pedoman untuk penelitian lapangan. Selama workshop peserta sangat antusias. Semoga memberikan motivasi tambahan bagi anak muda Bengkulu untuk ikut berbagi perhatian dan tertarik meneliti dan mendukung konservasi herpetofauna. (dparlindungan@unib.ac.id)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps