The Blog

[Senin, 16 Maret 2020], Civitas akademika Universitas Bengkulu, begitupun FKIP mulai 17 – 31 Maret 2020 menghentikan sementara kegiatan perkuliahan dan aktivitas akademik yang melibatkan kerumunan. Kegiatan perkuliahan diliburkan secara tatap muka, tetapi dialihkan dengan sistem daring atau e-learning. Hal ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran Rektor Universitas Bengkulu, Nomor 4722/UN30/HK/2020 perihal Pencegahan dan Penanganan Wabah Covid-19. Kegiatan yudisium dan wisuda pun diundur menjadi Agustus 2020 yang semula akan dilaksanakan pada April 2020. Untuk lebih jelasnya dapat ditunjukkan dengan Surat Edaran Rektor berikut.

Rektor Universitas Bengkulu, Prof. Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc. berpesan kepada dosen dan karyawan dalam wawancara singkatnya untuk tetap menjaga kesehatan dan juga kedisiplinan dengan cara tetap hadir ke kampus seperti biasa dengan mengisi daftar hadir secara manual. Kemudian, menghimbau kepada dosen dan karyawan untuk tidak meninggalkan Kota Bengkulu sampai tanggal 31 Maret 2020 dan memantau kebijakan lanjutan pimpinan melalui media online Universitas Bengkulu di https://www.unib.ac.id/. Berikut link video singkat wawancara RBTV bersama Rektor Unib.

https://www.instagram.com/tv/B9yS9gagIjw/?igshid=6trnryt75t2f

Kepala Biro Umum dan Sumberdaya (USD) Universitas Bengkulu, Ir. Akhmad Nezar juga mengutarakan bahwa “Tidak ada kebijakan Libur Total, semua pelayanan harus berjalan seperti biasa paling tidak sampai pukul 12.00 WIB siang, Dosen/Tendik menggunakan Presensi Manual (Semua Unit Kerja mempersiapkan Presensi Manual ini), bagi dosen yg masih menggunakan Android juga dipersilakan tetap menggunakannya. Presensi Tendik/CPNS tetap 2 x dalam satu hari. Tidak boleh meninggalkan Bengkulu atau berlibur keluar Kota Bengkulu (akan dianggap Alpa). Kebijakan lain Gaji Non-PNS akan diusahakan dibantu dengan mekanisme talangan sebanyak 2 bulan (WAJIB menyerahkan SPTJM). Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.”

Terkhusus untuk presensi manual akan disiapkan langsung oleh Bagian Kepegawaian dan Keuangan. Hal ini disampaikan oleh Kasubbag Kepegawaian dan Keuangan, Boryanto Widodo, S.H. “Daftar hadir manual dosen nanti akan kami siapkan dan akan kami serahkan pada setiap unit kerja masing-masing di lingkungan FKIP dan daftar hadir manual karyawan bisa langsung mengisinya di Bagian Kepegawaian dan Keuangan”.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam menghadapi virus Corona  jenis Covid-19. Aamiin ya Rabbal Alamin.

Noermanzah

Editor Web FKIP Universitas Bengkulu dan Dosen Tetap Program Studi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps