The Blog

[Jumat, 13 Maret 2020] Halaman depan Dekanat FKIP Universitas Bengkulu menjadi saksi kegiatan Senam Jumat Sehat mampu menciptakan  tenaga pendidik, kependidikan, dan mahasiswa yang bukan saja pintar dalam bekerja dan melayani, tetapi memiliki fisik yang kuat dan sehat.  Jelas ini disampaikan oleh Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd. selaku Dekan FKIP Universitas Bengkulu bahwa Mens sana in corpore sano, “ Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Dekan FKIP juga menyampaikan,  “kita ingin dengan kegiatan Senam Rutin setiap hari Jumat ini menjadi sarana untuk mewujudkan suasana akademik yang sehat dan bermutu”. Sebagian orang beralasan karena mereka tidak punya banyak waktu luang, malas, atau mungkin mereka tidak berolahraga karena tidak ada seorang pun teman yang dapat menemaninya. Meskipun kita rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, tanpa dibarengi olahraga manfaat yang didapatkan tentu saja tidak akan maksimal. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga minimal sekali dalam satu minggu supaya tubuh tetap sehat, bugar, dan otot-otot tidak kaku. Senam merupakan salah satu jenis olah raga yang mempunyai beragam variasi dan manfaat, baik bagi fisik, maupun mental dan sosial.

Senam ini selalu diikuti oleh tenaga pendidik yaitu dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa se-lingkung FKIP Universitas Bengkulu dengan dipandu dua instruktur senam yang profesional. Tujuan lain dari senam ini dituturkan oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Dr. Nirwana, M.Pd. yaitu meningkatkan rasa silaturahmi antar dosen, karyawan, dan mahasiswa sehingga tumbuh rasa saling memiliki dan menjaga yang pada akhirnya memiliki semangat kuat untuk memajukan FKIP tercinta secara bersama-sama.

Percaya atau tidak, senam juga termasuk ke dalam salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh termasuk kebagian otak kita. Bilamana oksigen yang masuk ke otak terpenuhi dengan baik, maka fungsi otak kita akan meningkat dan secara tidak langsung fungsi kognitif pun akan ikut mengalami peningkatkan. Telah banyak para ahli yang menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak sehingga tidak diragukan lagi senam mampu mendorong kita untuk selalu semangat dalam beraktivitas. Untuk itu, penting sekali fungsi senam dalam mewujudkan visi FKIP Universitas Bengkulu menjadi lembaga pendidikan tenaga kependidikan kelas dunia 2025. (NOE, 13-3-2020)

Noermanzah

Editor Web FKIP Universitas Bengkulu dan Dosen Tetap Program Studi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps