The Blog

[Bengkulu, 31 Januari 2020]. Lingkungan kampus dan kantor yang bersih, diyakini akan membuat nyaman dalam bekerja dan belajar, sehingga bisa mencapai prestasi yang optimal. Hal ini pula yang diterapkan civitas akademika Universitas Bengkulu khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

      

Dr. Nirwana, M.Pd selaku WD Bidang Sumber Daya FKIP Universitas Bengkulu senantiasa memberikan arahan dalam hal peningkatan kepedulian terhadap kebersihan, baik kebersihan tubuh, kebersihan tempat kerja, kebersihan lingkungan, dan kebersihan tempat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung.

Mengacu pada tuntutan “Kebersihan Merupakan Sebagian Dari Iman” berbagai upaya dilakukan untuk menjadikan lingkungan kampus yang bersih dan asri. Sehingga diharapkan kampus bisa memberikan kenyamanan dalam bekerja maupun belajar mengajar. Upaya yang dilakukan antara lain, penyediaan tempat sampah terpilih organic dan non organic & gerakan jumat bersih dan sehat. Dalam upaya gerakan jumat bersih dan sehat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan selalu melakukan kegiatan Senam pagi dan dilanjutkan bersih-bersih kampus. Kegiatan bersih- bersih kampus kali ini dipusatkan untuk membersihkan area sekitar “Turtle Learning Center (TLS) FKIP atau lebih dikenal dengan Pusat Belajar Penyu sampai dengan sepanjang jalan Jembatan Unib”.

Suganda, SE.,MM selaku Kabag TU menyebutkan kedisiplinan membuang sampah pada tempatnya serta pemilahan sampah, merupakan pembiasaan yang baik karena akan memudahkan orang lain khususnya petugas kebersihan dalam penanganan selanjutnya. Sampah bisa menjadi berkah dan peluang wirausaha bagi yang jeli melihat peluang, yaitu dengan sedikit perlakuan dukungan pengetahuan metabolisme penguraian sampah sehingga bisa dilakukan pengolahan sampah organic menjadi pupuk hayati. Bisa juga pemanfaatan sampah non organic menjadi bahan daur ulang maupun bahan seni yang laku dijual.

Dengan diadakan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang banyak, antara lain:

  1. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat
  2. Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit
  3. Menjadi wadah silaturahmi antar Pimpinan, Dosen & Staf FKIP UNIB : dengan ikut dalam kegiatan ini, dan Pimpinan, Dosen & Staf FKIP UNIB yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga
  4. Membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali.

JAYA SELALU FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU

 

 

Suci

Admin WEB FKIP Universitas Bengkulu dan Staf Subbag Keuangan dan Kepegawaian FKIP Universitas Bengkulu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps