The Blog

JELANG akhir tahun, tepatnya tanggal 18 Desember 2019, UNIB menggelar wisuda periode ke-89 Program Pascasarjana (S2 dan S3), Profesi, Sarjana dan Vokasi, di gedung serba guna (GSG) UNIB. Pada wisuda kali ini, UNIB melulusan 1.026 orang, sehingga total jumlah lulusan UNIB hingga Desember 2019 menjadi 57.307 orang.

Wakil Rektor UNIB Bidang I Akademik, Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D melaporkan, berdasarkan Keputusan Rektor Nomor : 3207/UN30/HK/2019 Tanggal 18 Desember 2019, Tentang Daftar Lulusan Program Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Vokasi Universitas Bengkulu pada Wisuda Periode ke-89 Tahun 2019, jumlah lulusan per fakultas sebagai berikut; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 209 wisudawan; Fakultas Hukum (FH) 104 wisudawan; dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 120 wisudawan;

Berikutnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 189 wisudawan; Fakultas Pertanian (FP) 275 wisudawan; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 61 wisudawan; Fakultas Teknik (FT) 40 wisudawan; dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak 28 wisudawan.

Dilihat dari jenjang pendidikan, 1.026 wisudawan tersebut terdiri dari Jenjang Pascasarjana S3 (Doktor) sebanyak 4 wisudawan, Jenjang Pascasarjana S2 (Magister) sebanyak 239 wisudawan, Jenjang Profesi 17 wisudawan, Jenjang S1 (Sarjana Reguler) 702 wisudawan dan Jenjang S1 (Sarjana Non Reguler) 41 wisudawan, serta Jenjang Vokasi/Diploma sebanyak 23 wisudawan.

“Dengan penambahan 1.026 wisudawan pada wisuda ini, maka total lulusan UNIB sebanyak 57.307 orang yang terdiri dari Program Doktor 25 orang, Program Magister 7.773 orang, Sarjana 39.084 orang, Profesi 172 orang, dan Program Vokasi/Diploma 10.253 orang,” papar Prof. Lizar Alfansi, seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhak menyandang gelar akademik sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing.

Acara wisuda ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Ak, CA dan dihadiri para Wakil Rektor, Ketua dan Anggota Senat Universitas, para Guru Besar, para Dekan, para tamu undangan dari lembaga/institusi mitra, perwakilan perbankkan mitra UNIB, serta ribuan orang tua dan keluarga wisudawan yang memadati lantai bawah dan bagian balkon GSG UNIB.

Pelantikan para wisudawan dilakukan oleh Rektor yang ditandai dengan pemindahan kuncir toga dari kiri ke kanan yang dilakukan secara simbolis terhadap perwakilan wisudawan dan diikuti secara serentak oleh seluruh wisudawan. Setelah dilantik, seluruh wisudawan dipanggil satu per satu untuk bersalaman dengan Rektor dan menerima ijazah serta ucapan selamat dari dekan masing-masing fakultas.

Pada acara widua periode ke-89 ini Rektor UNIB Prof. Prof. Ridwan Nurazi menyampaikan pidato dengan judul “Pahlawan Milenial (SDM Unggul, Indonesia Maju)” yang memaparkan tentang Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Tantangan Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja di Era Industri 4.0.

Diakhir pidatonya rektor mengucapkan selamat kepada para lulusan yang telah diwisuda dan secara khusus memberikan apresiasi kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat Terbaik dan Dengan Pujian. Kemudian Rektor juga mengucapkan selamat dan menyambut kembalinya beberapa staf dosen UNIB yang telah menyelesaian studi lanjut baik jenjang S3 (Doktor) maupun jenjang S2 (Magister).

Wisudawan yang lulus dengan predikat Terbaik dan Dengan Pujian pada wisuda periode ke-89, untuk jenjang S1 (Sarjana) yaitu Assyfa Rahma Selvia Phita Loka dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIB dengan IPK 3,79. Dia adalah putri dari pasangan Abdul Rauf dan Dahlia Tuti, kelahiran Bengkulu 18 Januari 1997. Kemudian, Afredy Anugra, dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNIB dengan IPK 3,60, merupakan putra dari pasangan Yusar Yusman dan Sutriati, kelahiran Lubuklinggau 19 April 1996.

Untuk jenjang S2 (Pascasarjana), Predikat Terbaik dan Dengan Pujian yaitu pertama, Arsilawati Fahrulliah dari Prodi Teknologi Pendidikan FKIP UNIB dengan IPK  3,95. Dia adalah putri pasangan H. Ahmad Syahri dan Hj. Kartini Azmiar, kelahiran Lahat 5 Mei 1981. Kedua, Betty Handayani dari Prodi Ekonomi Terapan FEB UNIB dengan IPK 3,89. Dia merupakan putri pasangan Burhan, ND dan Hurni Mulyani, kelahiran Bengkulu 22 Februari 1981. Ketiga, Wahyu Hidayat dari Prodi Pengelolaan Sumber Daya Alam Fakultas Pertanian UNIB dengan IPK 3,88, yang merupakan putra Mohd. Nuh AM (alm) dan Nurhayati Nupus (alm), kelahiran Retak Mudik 24 Juni 1979. Dan keempat, Redita dari Prodi Hukum Fakultas Hukum UNIB dengan IPK 3,84, yang merupakan putri Bapak Herman Asikin, SE dan Ibu Sumarni Umar, kelahiran Bengkulu 12 Maret 1994.

Sedangkan wisudawan termuda pada wisuda ini adalah Anisa Turrohmah dari Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian UNIB dengan IPK 3,24. Dia merupakan putri dari Bapak Hidayat dan Ibu Yatimah yang lahir di Manna, 17 September 1998. Pada hari ini (per 18 Desember 2019), usianya 21 tahun 3 bulan 1 hari.

Penyambutan dosen kembali pada wisuda periode ke-89 ini dilakukan terhadap dua orang yang telah menyelesaikan studi S3 dan dua orang studi S2. Untuk studi S3 (Doktor) yaitu Dr. Elfi Yuliza, S.Si, M.Si dari Fakultas MIPA UNIB yang menyelesaikan studi di ITB – Bandung, spesialisasi Fisika. Kemudian, Dr. Suharyanto, S.Pt, M.Si dari Fakultas Pertanian UNIB yang telah menyelesaikan studi di IPB – Bogor, spesialisasi Teknologi Hasil Ternak (THT).

Lalu, dosen yang telah menyelesaikan studi S2 (Master) yaitu dr. Elvira Rosana, M.Biomed dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UNIB yang telah lulus studi di UGM-Yogyakarta, spesialisasi Biomedik Kedokteran Molekuler. Dan, dr. Ike Sulistyowati, M.Biomed dari FKIK UNIB yang telah lulus studi S2 di UGM – Yogyakarta, spesialisasi Biomedik Anatomi.

Pada kesempatan ini, Rektor UNIB Prof. Ridwan Nurazi didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Syahrial, MA, M.Phil memberikan apresiasi dan ucapan selamat secara khusus kepada mahasiswa peraih Medali Perunggu Sea Games Manila 2019, cabang perlombaan Sambo Combat 74 Kg. Dia adalah Deni Arif Fadhillah dari Prodi Manajemen FEB UNIB, putra dari Bapak Dedy Armansyah dan Ibu Nice Novayanti.

Berbeda dengan wisuda sebelumnya, pada wisuda kali ini panitia melakukan inovasi bekerjasama dengan perusahaan multimedia untuk memudahkan para orang tua wisudawan menyaksikan seluruh rangkaian acara. Bagi para orang tua wisudawan yang duduk di bagian balkon GSG dan masyarakat di luar GSG tetap bisa menyaksikan seluruh rangkaian acara di podium utama melalui layar televisi berukuran jumbo yang menayangkan siaran langsung audio visual seluruh rangkaian acara wisuda. Kemudian bagi masyarakat umum di mana pun berada juga bisa menyaksikan acara wisuda ini melalui chanel youtube Live Streaming Wisuda Universitas Bengkulu Periode Ke-89.[Hms1].

 

sumber : https://www.unib.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps