The Blog

Program Studi Doktor Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu  (FKIP UNIB) berhasil mendapatkan Akreditasi B setelah menerima visitasi pada 15 – 17 Oktober 2019 yang lalu dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd  dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Sebagai wujud rasa syukur atas capaian tersebut, Prodi Doktor Pendidikan menyelenggarakan acara syukuran hasil akreditasi pada Jumat 01 November 2019.   “Hasil akreditasi ini patut kita syukuri mengingat akreditasi tersebut merupakan akreditasi yang pertama bagi Program Studi Doktor Pendidikan FKIP UNIB” demikian disampaikan oleh Dekan FKIP Prof. Dr. Sudarwan Danim saat memberikan sambutan pada acara yang diselenggarakan di Aula Dekanat FKIP tersebut.

Dekan juga menyampaikan bahwa akreditasi program studi menjadi penting karena menentukan kelanjutan perkembangan dan karier. “Akreditasi diantaranya ditujukan untuk mendorong perbaikan mutu program studi secara berkelanjutan. Akreditasi program studi juga dapat membantu perguruan tinggi (PT) dalam melakukan penjaminan mutu sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik, bahkan akreditasi itu juga bertujuan untuk menjadi bahan pertimbangan penerimaan pegawai, pengakuan ijazah dan kompetensi internasional, sebagai dasar sertifikasi atau lisensi, serta bahan masukan untuk evaluasi kualitas PT”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Doktor Pendidikan FKIP Unib, Prof. Dr. Wachidi, M.Pd, menyampaikan rasa syukur atas hasil akreditasi yang telah di peroleh. Kaprodi menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sepanjang proses akreditasi.

Terkait makna akreditasi, Kaprodi menyampaikan bahwa akreditasi yang telah diperoleh Prodi Doktor Pendidikan FKIP UNIB dapat memberikan manfaat pada semua pihak, baik itu pemerintah, mahasiswa, calon mahasiswa, pasar kerja nasional maupun internasional, organisasi penyandang dana, program studi, dan Unib.

“Melalui akreditasi, pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu program studi atau PT dan tenaga kerja yang dihasilkan dari PT yang sudah terakreditasi. Selain itu juga pemerintah bisa mendapatkan informasi mengenai PT untuk menentukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswanya”, demikian pungkasnya. (rls)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps