The Blog

FKIP UNIB – Seminar Nasional Pendidikan MIPA (SNP-MIPA) 2019 yang diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unib pada tanggal 5 Oktober 2019 yang lalu menjadi berkah tersendiri. Bukan saja seminar tersebut berlangsung sukses, namun pada momen tersebut Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unib berhasil menjalin kerjasama dengan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya (Unsri) dalam sistem pengelolaan jurnal. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Unib, Safdi Maizora, S.Si.,M.Pd dan Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika FKIP Unib, Prof. Dr. Wahyu Widada, M.Pd, dengan Pengelola Journal Mathematics Educations (JME) dan Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) sekaligus Ketua Program Studi S3 Pendidikan Matematika Unsri, Prof. Dr. Zulkardi, M.Ikom.,M.Sc.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di ruang wing kiri Gedung Lab Pembelajaran FKIP sesaat sebelum Prof. Zulkardi, M.Ikom, M.Sc menyampaikan makalahnya sebagai pembicara utama pada seminar SNP-MIPA. Penandatanganan ini di saksikan langsung oleh Dekan FKIP Unib, Prof. Dr. Sudarwan Danim beserta seluruh peserta seminar.

Sebelumnya, pada hari Jumat, 4 Oktober 2019 juga telah diselenggarakan workshop terkait pengelolaan jurnal dengan nara sumber utama Prof. Dr. Zulkardi, M.Sc dan Prof. Dr. Ratu Ilma, M.Si. Kedua nara sumber tersebut merupakan pengelola Journal Mathematics Educations (JME) dan Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). Sebagaimana telah diketahui bahwa JME yang dimiliki Program Studi S3 Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya tersebut telah berhasil terindeks Scopus dan Sinta 1, sedangkan JPM terindeks Sinta 2. Kedua jurnal ini diharapkan dapat menjadi pemacu bagi jurnal-jurnal yang ada di lingkungan Universitas Bengkulu khususnya di FKIP untuk terus meningkatkan kualitasnya, mengingat Unib baru memiliki 5 jurnal yang berhasil terindeks Sinta, dua diantaranya terdapat di FKIP dengan indeks Sinta 4.

Salah satu materi yang disampaikan pada workshop tersebut yaitu tentang kiat menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian skripsi mahasiswa untuk dimuat dalam jurnal bunga rampai. Narasumber menyarankan agar pembimbing skripsi melakukan pembimbingan secara maksimal dalam penulisan artikel yang dilakukan oleh mahasiswa sehingga dapat menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas. Pembimbing utama hendaknya menjadi koresponden author pada artikel tersebut sehingga nilai angka kreditnya dapat menjadi sama dengan penulis pertama. (rls)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

Chat Whatsapps